Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor

Bobby Rachmat Saefudin, Alvi Nurin Deanier, Elly Rasmikayati

Abstract


Bisnis kedai kopi merupakan salah satu usaha pemasaran agribisnis yang sedang berkembang cukup pesat di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor seiring meningkatnya konsumsi kopi serta adanya perubahan gaya hidup masyarakat. Penjualan di kedai kopi dengan lokasi usaha lebih strategis merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan penjualan dibandingkan pada lokasi usaha yang kurang strategis. Namun kenyataannya, Jigana Coffee Shop yang lokasinya strategis justru pengunjungnya sedikit dan mengalami tren penurunan penjualan, sedangkan Kedai Kopi Inspirasi yang lokasinya kurang begitu strategis justru lebih ramai pengunjung dan penjualannya cenderung meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan membandingkan profil perusahaan Jigana Coffee Shop dan Kedai Kopi Inspirasi serta preferensi konsumen pada kedua kedai kopi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey terhadap sampel 27 orang konsumen Jigana Coffee Shop dan 45 orang konsumen Kedai Kopi Inspirasi serta wawancara dengan pemilik dan karyawan kedua kedai kopi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif, statistika deskriptif dan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari struktur perusahaan, suasana bekerja dan deskripsi pekerjaan dari kedua kedai kopi ini cenderung sama. Hanya saja pemilik Kedai Kopi Inspirasi mempunyai visi dan misi selain mengenalkan dan meningkatkan konsumsi kopi masyarakat juga membuka lapangan kerja bagi orang yang putus sekolah agar bisa tetap berpenghasilan dan belajar lebih dalam mengenai kopi. Sementara itu, dari hasil uji Mann-Whitney U dapat disimpulkan bahwa banyaknya pengunjung dan meningkatnya penjualan di Kedai Kopi Inspirasi tidak terlepas dari faktor keterjangkauan harga, kelengkapan fasilitas dan suasana kedai yang tidak kalah dari Jigana Coffee Shop.

 


Keywords


comparative study; preferensi konsumen; kedai kopi; coffee shop; mann-whitney u test

Full Text:

PDF

References


Ajijah, N. (2019). Analisis Curahan Waktu Kerja Rumah Tangga Petani Pada Usahatani Kopi Arabika Di Kabupaten Aceh Tengah Dan Bener Meriah. ETD Unsyiah.

Amir, N. H., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2017). Analisis usahatani kopi di kelompok tani hutan giri senang Desa Giri Mekar Kabupaten Bandung. Jurnal ilmiah mahasiswa agroinfo galuh, 3(3), 472-479.

Amridha, Y., Heryanto, M. A., Saefudin, B. R., & Awaliyah, F. (2020). The Analysis of The Employee’s Job Satisfaction and Performance In Private Agricultural Company. Mahatani: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 2(2).

Anisailah, R. (2017). Analisis Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Barista di Krema Koffie Pekanbaru. 4(1), 1–16.

Asioli, D., N, T., Øvrum, A., & Almli, V. L. (2016). Comparison of Rating-Based and Choice-Based Conjoint Analysis Models. A Case Study Based On Preferences for Iced Coffee In Norway. Food Quality and Preference, 48, 174–184. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2015.09.007.

Donaldson, T., & Walsh, J. P. (2015). Toward a Theory of Business. Research in Organizational Behavior, 35, 181–207.

Faradisa, I., Budi, L., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffee Shop Semarang (Icos Cafe). Manajemen, 2(2).

Febrianti, T., Tsani, A., & Milla, A. N. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik Di Kota Sukabumi. Ilmiah Pertanian, 7(1), 1-8.

Gerry, Y., Mongan, P., Rumagit, G. A. J., Kumaat, R. M., Sosial, J., Pertanian, E., Sam, U. (2019). Tingkat Kepuasan Konsumen Di Rumah Kopi K8 Di Kota Manado. Agrirud, 1(2).

Hayat, A. W. M. (2012). Pengaruh Lokasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Ouval Research di Buah Batu Bandung. Jurnal UNIKOM, 1 - 16.

ICO. (2018). Monthly coffee market report.

Kara A, Kaynak E. 1997. Marketing Strategies For Fast Food Restaurants: A Customer View. British Food Journal.

Kotler, Philip. Gary Armstrong. 2012. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. Gary Armstrong. 2003. Dasar – Dasar Pemasaran. 9th ed. PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (2014). Principle of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Latifa, N. H., & Rochdiani, D. (2019). Kajian Strategi Pemasaran Usaha Kedai Kopi Kadaka Cafetaria di Kota Bandung. Agribisnis Dan Social Ekonomi Pertanian, 4(1).

Loo, E. J. Van, Caputo, V., Jr, R. M. N., Seo, H.-S., Zhang, B., & Verbeke, Wi. (2015). Sustainability Labels On Coffee : Consumer Preferences, Willingness-To-Pay and Visual Attention to Attributes. Ecological Economics, 118, 215–225. https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2015.07.011

Lovelock, Christopher H. dan Wright, Lauren K.. 2002. Principles of Service Marketing and Management. Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Mawson E, Fearne A. 1996. Purchasing Strategies and Decision-Making Processes In The Food Service Industry: A Case Study Of UK Restaurant Chains. Supply Chain Management International Journal 1.

Mullins, Orville, Larreche dan Boyd. (2005). Marketing Management: A Strategic Decision Making Approach, 6th edition. Penerbit Mcgraw-Hill. New York City.

Psychogios, A., & Garev, S. (2012). Understanding Complexity Leadership Behavior in Smes: Lessons From a Turbulent Business Environment, Emergence: Complexity & Organization, 14, 1–22.

Rasmikayati, E., Pardian, P., Hapsari, H., Ikhsan, R. M., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian Sikap dan Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kopi serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117-133.

Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Karyani, T., Kusno, K., & Rizkiansyah, R. (2020). Analisis Faktor dan Tingkat Kepuasan Ditinjau dari Kualitas Produk dan Pelayanan pada Konsumen Sayuran Organik Di Lotte Mart Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 351-364.

Rochaeni, S. (2013). Analisis Persepsi, Kesadaran, dan Preferensi Konsumen Terhadap Buah Lokal. Agribisnis, 7(1), 91–104.

Satit, Huam Hon Tat, Amran Rasli, Thoo Ai Chin, Inda Sukati. 2012. The Relationship Between Marketing Mix and Customer Decision Making Over Travel Agents: An Empirical Study. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit.

Utami, C. (2010). Manajemen Ritel. Jakarta: Selemba Empat.

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Organisasi Dan Manajemen, 1(1).

Yuriansyah, A. L. (2013). Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v5i1.637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

     

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.