Potensi Usaha dan Analisis Nilai Tambah Pemasaran Ayam Kampung di Gorontalo

Serli Anas, Dwi Rohmadi, Andi Yulyani Fadwiwati

Abstract


Usaha ayam kampung pedaging di Provinsi Gorontalo merupakan usaha potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan memiliki potensi untuk terus dikembangkan.  Dilihat dari sisi permintaan pasar, jumlah penduduk yang besar dan kenaikan pendapatan merupakan faktor utama yang mempengaruhi permintaan.  Perkembangan populasi ayam kampung di Provinsi Gorontalo sangat meningkat dari tahun ketahun.  Berdasarkan data Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan bahwa pada tahun 2016 populasi ayam kampung sebanyak 1.440.567 ekor lebih tinggi 0.96 % dibandingkan pada tahun 2015 sebanyak 1.376.518 ekor,   begitupun dengan produksi daging ayam kampung tahun 2016 sebesar 1.586 ton lebih tinggi 0,96 % dibandingkan pada tahun 2015 sebesar 1.516 ton.  Pemasaran ayam kampung selain dijual langsung ke konsumen juga melibatkan beberapa lembaga pemasaran, aktivitas pemasaran yang dilakukan dari peternak hingga ke konsumen akhir akan menciptakan nilai tambah yang menguntungkan.  Tujuannya yaitu untuk mengetahui potensi usaha dan nilai tambah dari pemasaran ayam kampung di Provinsi Gorontalo.  Pengkajian ini dilaksanakan di Provinsi Gorontalo Februari - Desember 2016.  Pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder, metode yang digunakan yaitu survey yang bersifat deskriptif.  Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan karakteristik pelaku pemasaran dan saluran pemasaran ayam kampung.  Metode analisis nilai tambah menggunakan metode Hayami.  Keuntungan yang didapatkan akan semakin besar apabila input produksi dapat ditekan seminimal mungkin termasuk dari pengunaan pakan pada ayam kampung.

Keywords


potensi usaha; nilai tambah; ayam kampung

Full Text:

PDF

References


Hayami, Y.T, Kawagoe. Y, Marooka dan M., Siregar. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java, a Perspective From a Sunda Village. CEPRT. Bogor.

Nawawi, N.T dan S. Nurrohmah. 2011. Pakan Ayam Kampung. Penebar Swadaya, Jakarta.

Prasetyo, E. 2012. Agribisnis Ayam Potong Lokal (Ayam Hibrida) di Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah. Universitas Diponegoro, Semarang.

Rasyaf, M. 2011. Beternak Ayam Kampung. Penebar Swadaya, Jakarta.

Tambunan, R.D. dan Silalahi, M. 2008. Teknologi Budidaya Ayam Buras. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Departemen Pertanian, Bogor.

Wulandari, S. 2008. Analisis Nilai Tambah Pemasaran Ayam Broiler di Wilayah Jakarta Timur. IPB, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/agrovital.v5i1.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agrovitalfip@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agrovital/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

     

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Agrovital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.