ANALISA FAKTOR PENENTU KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD LANGSA

Dian Ariani Dian Ariani

Abstract


Peningkatan dan pemantapan peran bagi perawat akhir-akhir ini menjadi tuntutan masyarakat, baik pada layanan kesehatan pada umumnya maupun keperawatan pada khususnya.Kepuasan kerja yang tinggi merupakan tanda bahwa organisasi telah melakukan manajemen perilaku yang efektif (4).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu kepuasan kerja perawat pelaksana di Instalasi Rawat Inap RSUD Kota Langsa tahun 2019.  Penelitian ini menggunakan variabel dependen yaitu kepuasan kerja dan variabel independen yaitu gaya kepemimpinan, motivasi, supervisi dan lingkungan kerja. Penelitian ini survey analitik dengan desain penelitian adalah cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana yang ada di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Langsa.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa ada hubungan gaya kepemimpinan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di RSUD Langsa dengan p-value 0,001 (p<0,05), ada hubungan motivasi dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di RSUD Langsa dengan p-value 0,000 (p<0,05), ada hubungan supervisi dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di RSUD Langsa dengan p-value 0,000 (p<0,05) dan ada hubungan lingkungan kerja dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di RSUD Langsa dengan p-value 0,003 (p<0,05). Berdasarkan analisa multivariat ditemukan bahwa antara keempat variabel bebas yang paling mempengaruhi terhadap variabel dependenkepuasan kerjaadalah motivasi kerja dan supervisi.


Keywords


Kepuasan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Supervisi dan Lingkungan Kerja.

Full Text:

PDF

References


Cecep Triwibowo (2013). Manajemen Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit.Jakarta : Trans Info Media.

Creswel John, W. (2016). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dewi Sandi. (2013). Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal EMBA, Vol 1 No.3

Dharma. K.K. (2015). Metodologi Penelitian Keperawata. (Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta : Trans Info Media.

Draft, Richard L. (2013). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Fattah.H. (2017).Kepuasan Kerja & Kinerja Pegawai. Jakarta: Bimatera.

Gunawan. J. & Sukarno. A. (2016). Potret Keperawatan di Belitung Indonesia. Tangerang : Yayasan Cipta Anak Bangsa.

Hamidah. S. Metodologi Penelitian Campuran (Mix Methode). Etheses.UIN.Malang.ac.id/1216/7/11/410138.

Indriono & Zaenudin.(2016). Hubungan Antara Motivasi Kerja Perawat dengan Kepuasan Kerja Perawat di Instalasi Rawat Inap Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Batang.Prodi Ilmu Keperawatan FIK Universitas Pekalongan.

Kontesa, 2014. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Motivasi Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang. Program Studi D III Keperawatan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang.

Kuncoro, A. (2014). Buku Ajar Menajemen Keperawatan.Yogyakarta : Nuha Medika.

Kurniadi.(2013). Manajemen Keperawatan dan Prospektifnya.Teori, Konsep dan Aplikasi.Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Lidya. (2015). Analisis Keterikatan Karyawan Terhadap Pekerjaan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Turnover Intentions Karyawan Di Rumah Sakit Siloam Manado. Jurnal EMBA, Vol 3 No.4.

Marquis & Hutson. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan.Jakarta : EGC.

Muhammad I. (2016). Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Medan : Citapustaka Media Perintis.

Muhammad & Lumitang.(2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado.Jurnal emba, Vol 4 No.1.

Noermijati.(2013). Aktualisasi Teori Herzberg Kepuasan Kerja dan Kinerja Spiritual Manajer Operasional.Jakarta : UB-Press.

Nursalam.(2016). Manajemen Keperawatan.Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional.Jakarta : Salemba Medika.

Pratiwi, (2015).Hubungan Lingkungan Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Bangsal Rawat Inap Rsud Sunan Kalijaga Kabupaten Demak.

Putri, Sriatmi, Fatmasari. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Kerja Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 6, Nomor 4. http://ejournal3.undip.ac.id

Rahman. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Bagian Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi Pekanbaru. Jurnal FEKON, Vol 2 No.1

Rahmi & Kolibru. (2014). Faktor-Faktor Hygiene dan Motivator: Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Baptis Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol 12 No.4

Rifiani & Sulihandari.(2013). Prinsip-Prinsip Dasar Keperawatan. Cetakan I. Jakarta : Dunia Cerdas.

Rosyidi, K. (2013). Manajemen Kepemimpinan dalam Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media.

Sandra & Sondari.(2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD Solok.Medisains. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehaan, Vol 5 No.3

Setiawan.(2015). Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Ruang Dengan Kepuasan Kerja Perawat di rumah sakit jiwa daerah Dr. Rm. Soedjarwadi.Program Studi S-1 Keperawatan Stikes Kusuma Husada Surakarta.

Setyowati. (2013). Organisasi dan Kepemimpinan. Jakarta : Graha Ilmu.

Sipatu. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Strees Kerja Terhadap Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Undata Palu. Jurnal Katalogis, Vol 1 No.1.

Suarli & Bahtiar (2016). Manajemen Keperawatan. Jakarta. Erlangga.

Syahrir.(2013). Hubungan Supervisi dengan Pelaksanaan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Labuang Biji Makasar. Volume I Nomor 1, ISSN : 2302-2531. Library.stikesnh.ac.id

Tambunan.S.T. (2015).Pemimpin dan Kepemimpinan.Jakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v6i1.650

Copyright (c) 2020 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.