PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) TERHADAP TINGKAT GEJALA DEPRESI MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Mahesha, D. Anggraeni, and M. I. Adriansyah, “Mengungkap Kenakalan Remaja: Penyebab, Dampak, dan Solusi,” Prim. J. Ilm. Multidisiplin, vol. 2, no. 1, pp. 16–26, 2024.
L. Karlina, “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja,” J. Edukasi Nonform., vol. 1, no. 1, pp. 147–158, 2020.
H. Hendi, D. Ikhram, E. Suryana, and A. Abdurrahmansyah, “Menavigasi Perkembangan Masa Remaja Awal: Perkembangan, Tantangan, dan Kesempatan,” JIIP-Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 10, pp. 7629–7639, 2023.
A. Rossi and R. Di Stefano, “Emotional instability: terminological pitfalls and perspectives,” J. Psychopathol., vol. 30, no. 1, pp. 1–7, 2024.
S. Branje, “Adolescent identity development in context,” Curr. Opin. Psychol., vol. 45, p. 101286, 2022.
M. Moitra, R. Buch, and R. Damor, “Problem solving skills among adolescents in Surat city: A reality check,” Natl J Community Med, vol. 10, pp. 571–574, 2019.
E. Crocetti, “Identity formation in adolescence: The dynamic of forming and consolidating identity commitments,” Child Dev. Perspect., vol. 11, no. 2, pp. 145–150, 2017.
M. N. M. Rahayu and R. Arianti, “Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi: Studi pada mahasiswa fakultas psikologi UKSW,” J. Psychol. Sci. Prof., vol. 4, no. 2, pp. 73–84, 2020.
A. Rahmadani and Y. M. Rahmawati, “Adaptasi akademik, sosial, personal, dan institusional: studi college adjustment terhadap mahasiswa tingkat pertama,” J. Konseling Dan Pendidik., vol. 8, no. 3, pp. 158–166, 2020.
A. I. Wahdini, “Burnout dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Kedokteran: Sebuah Tinjauan Pustaka,” Berk. Ilm. Kedokt. dan Kesehat. Masy. (Scientific Period. J. Med. Public Heal., vol. 1, no. 3, pp. 142–155, 2025.
T. C. Paiva, L. Soares, and A. L. Faria, “Depression in elderly people,” Encyclopedia, vol. 3, no. 2, pp. 677–686, 2023.
A. D. Hurley, A. S. Levitas, and M. O. Bertelli, “Mood disorders,” in Textbook of Psychiatry for Intellectual Disability and Autism Spectrum Disorder, Springer, 2022, pp. 557–581.
A. E. Wijaya, E. Asmin, and L. B. E. Saptenno, “Levels of Depression and Anxiety in Productive Age,” J. Ilm. Kesehat. Sandi Husada, vol. 12, no. 1, pp. 150–156, 2023.
T. D. Simanjuntak, “Prevalensi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan simtom depresi pada penduduk di Indonesia (analisis data IFLS5 tahun 2014-2015),” J. Epidemiol. Kesehat. Indones., vol. 6, no. 2, p. 7, 2023.
N. H. Baiti, “Management of Intellectual Intellectual (Iq) Emotional Intelligence (Eq) and Spiritual Intelligence (Sq) in Learning,” Roqooba J. Islam. Educ. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 8–15, 2022.
N. Huda, “Identifying of Emotional Quotient Junior High School Students in Mathematics.,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 202–208, 2021.
S. F. Ramdhani, M. Fanani, and D. Nugroho, “Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosi Dengan Derajat Depresi Pada Mahasiswa Kedokteran,” Wacana, vol. 12, no. 1, pp. 110–132, 2020.
A. Fitriah, “Kecerdasan Emosi dan Depresi Pada Mahasiswa Yang Sudah Menikah,” J. Stud. Insa., vol. 6, no. 2, pp. 146–157, 2018.
T. Tjahyanto, N. Kanaya, G. Keren, E. A. Mulyadi, and K. S. Listiono, “Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Depresi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara,” J. Heal. Sains, vol. 2, no. 8, pp. 1071–1079, 2021.
L. N. Suardiantari and I. M. Rustika, “Peran kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap problem focused coping pada mahasiswa preklinik Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana,” J. Psikol. Udayana, vol. 6, no. 3, pp. 99–110, 2019.
N. L. G. T. Kristanti, P. N. Cahyawati, and I. G. Y. Kurniawan, “Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa di Masa Pandemi COVID-19,” Aesculapius Med. J., vol. 2, no. 3, pp. 174–180, 2022.
R. J. Pangalila, H. Opod, J. S. V Sinolungan, and C. Pali, “Gambaran Kecerdasan Emosional Mahasiswa Kedokteran di Sulawesi Utara,” Med. Scope J., vol. 8, no. 1, pp. 89–95, 2026.
R. A. Putri and F. Rahmayani, “Korelasi kecerdasan emosional terhadap kejadian burnout pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung,” Med. Prof. J. Lampung, vol. 13, no. 2, pp. 207–214, 2023.
S. M. Hasibuan and R. Riyandi, “Pengaruh tingkat gejala kecemasan terhadap indeks prestasi akademik pada mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” J. Biomedik Jbm, vol. 11, no. 3, pp. 137–143, 2019.
J. J. Sihombing and I. Armyanti, “Hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat empati dan kecemasan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura angkatan 2020,” Cermin Dunia Kedokt., vol. 50, no. 10, pp. 531–543, 2023.
M. Gori, L. Schiatti, and M. B. Amadeo, “Masking emotions: Face masks impair how we read emotions,” Front. Psychol., vol. 12, p. 669432, 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v11i2.6624
Article Metrics
Abstract views : 10 times |
PDF - 3 times
Alamat Penyunting & Distribusi:
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: jkesmanfkm@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:

J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







