ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CABANG DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KECAMATAN MEHALAAN KABUPATEN MAMASA

Munawi Gay, Erlithawati Erlithawati

Abstract


This study aims to find out a number of variables that influence the public service process at the Branch Office of the Population and Civil Registry of Mehalaan District, Mamasa Regency. This type of research is quantitative by collecting data through questionnaires, interviews, observation, and documentation. Simple regression analysis is used in calculating how much influence the dependent variable has on independent. The results showed that the work performance appraisal had a significant effect on job promotion so that it could motivate employees to work harder to get a good rating. There is a relationship between Job Performance Assessment and Employee Position Promotion at the Regional Secretariat Office of Majene Regency, both of which have a significant influence.


Full Text:

PDF

References


Barata, Atep. 2003. Kinerja Pelayanan Prima. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Dessler. G. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Prenhallindo, Jakarta.

Dessler, Gary. 1993. Manajemen Sumberdaya Manusia. Penerbit Salemba Empat, Jaarta.

Furtwengler, Dale. 2001. Kinerja dan Pengukuran Kinerja Organisasi. Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Gibson & Ivancevich & Donnely. 1994. Organisasi dan manajemen. Perilaku, struktur, proses. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga.

Handoko, Hani T. 1992. Manajemen Personalia dan SDM. Jakarta: BPFE

Irawan. 2000, Analisa Organisasi Manajemen Modern, Radjawali

Kurniawan, Agung.2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

LAN. 2003. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: Pusat Kajian Kinerja Kelembagaan LAN.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2005 .Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Moekijat, 2000. Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mandar Maju, Bandung.

Moenir, A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Ndraha, Taliziduhu, 1996. Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta

Prawirosentono, Suryadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Prawirasentono. 1999. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Jakarta: Rineka Cipta

Pamudji. S. 1992. Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia. Jakarta. Bina Aksara

Robbins D. Stephen. 2001. Perilaku Organisasi Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jilid I. Jakarta: Pressbalindo.

Rasyid, M. Ryaas. 1997. Makna Pemerintahan Tinjauan dari Segi etika dan Kepemimpinan. Cetakan Ke dua. Yarsif Watampone, Jakarta.

Rivai, Veithzal, Dato’ Ahmad Fawzi, Mohd. Basri. 2005 Performance Appraisal, sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Soeprihanto. 1996. Manajemen Kinerja, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama

Shadily, Hasan. 1991. Sosiologi untuk masyarakat Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Simamora, Bilson. 2003 .Penilaian Kinerja dalam Manajemen Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Singarimbun, Masri, dkk. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.

Soeprihanto. Jhon. 1996. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan.Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi., Bandung : PT Alfabeta.

Thoha, Miftah. 2004. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Thoha, Miftah. 2007. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tjandra, W. Riawan, dkk. 2005. Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan

Wahyudi. Bambang, 2002, Etika Administrasi Negara, Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v3i2.422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.