ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CABANG DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KECAMATAN MEHALAAN KABUPATEN MAMASA
Abstract
This study aims to find out a number of variables that influence the public service process at the Branch Office of the Population and Civil Registry of Mehalaan District, Mamasa Regency. This type of research is quantitative by collecting data through questionnaires, interviews, observation, and documentation. Simple regression analysis is used in calculating how much influence the dependent variable has on independent. The results showed that the work performance appraisal had a significant effect on job promotion so that it could motivate employees to work harder to get a good rating. There is a relationship between Job Performance Assessment and Employee Position Promotion at the Regional Secretariat Office of Majene Regency, both of which have a significant influence.
Full Text:
PDFReferences
Barata, Atep. 2003. Kinerja Pelayanan Prima. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Dessler. G. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Prenhallindo, Jakarta.
Dessler, Gary. 1993. Manajemen Sumberdaya Manusia. Penerbit Salemba Empat, Jaarta.
Furtwengler, Dale. 2001. Kinerja dan Pengukuran Kinerja Organisasi. Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.
Gibson & Ivancevich & Donnely. 1994. Organisasi dan manajemen. Perilaku, struktur, proses. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga.
Handoko, Hani T. 1992. Manajemen Personalia dan SDM. Jakarta: BPFE
Irawan. 2000, Analisa Organisasi Manajemen Modern, Radjawali
Kurniawan, Agung.2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
LAN. 2003. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: Pusat Kajian Kinerja Kelembagaan LAN.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2005 .Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Moekijat, 2000. Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mandar Maju, Bandung.
Moenir, A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Ndraha, Taliziduhu, 1996. Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta
Prawirosentono, Suryadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.
Prawirasentono. 1999. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Jakarta: Rineka Cipta
Pamudji. S. 1992. Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia. Jakarta. Bina Aksara
Robbins D. Stephen. 2001. Perilaku Organisasi Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jilid I. Jakarta: Pressbalindo.
Rasyid, M. Ryaas. 1997. Makna Pemerintahan Tinjauan dari Segi etika dan Kepemimpinan. Cetakan Ke dua. Yarsif Watampone, Jakarta.
Rivai, Veithzal, Dato’ Ahmad Fawzi, Mohd. Basri. 2005 Performance Appraisal, sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.
Soeprihanto. 1996. Manajemen Kinerja, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama
Shadily, Hasan. 1991. Sosiologi untuk masyarakat Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Simamora, Bilson. 2003 .Penilaian Kinerja dalam Manajemen Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka.
Singarimbun, Masri, dkk. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.
Soeprihanto. Jhon. 1996. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan.Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi., Bandung : PT Alfabeta.
Thoha, Miftah. 2004. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Thoha, Miftah. 2007. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tjandra, W. Riawan, dkk. 2005. Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan
Wahyudi. Bambang, 2002, Etika Administrasi Negara, Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v3i2.422
Article Metrics
Abstract views : 218 times | PDF - 272 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.