MEDIA DIGITAL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA TIGARAS

Nadiva Auralia Naibaho, Nursapiah Harahap

Abstract


Pariwisata dapat dikatakan sebagai modal yang dinilai penting dimiliki oleh sebuah daerah. Kabupaten Simalungun mempunyai pariwisata yang harus dikomunikasikan untuk masyarakat. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun adalah salah satu lembaga pelibatan pariwisata yang diberi mandat untuk mempromosikan obyek wisata yang tersedia. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan mengeksplorasi sarana digital untuk komunikasi pemasaran pariwisata Tigaras. Penelitian ini memakai jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan secara akurat melalui kegiatan komunikasi pemasaran pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan data-data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya kegiatan komunikasi pemasaran oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun. Sebagai bagian dari marketing communication, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata lebih banyak memanfaatkan situs e-commerce seperti tiket.com, traveloka, pegi-pegi dan internet marketing. Melalui materi cetak seperti brosur dan spanduk, kegiatan komunikasi pemasaran pariwisata memberikan efek positif dan respon baik bagi pariwisata di Kabupaten Simalungun karena direncanakan dan dilakukan dengan sebaik-baiknya. Hal ini dapat memberikan peningkatan angka wisatawan, serta berdampak positif untuk pembentukan citra wisata Kabupaten Simalungun.

Keywords


Media digital, komunikasi, pemasaran

Full Text:

PDF

References


Belz, F. M., & Peattie, K. (2012). Sustainability marketing: A global perspective (2nd ed). Chichester, UK: John Wiley & Sons, Ltd.

Dwyer, L. (2018). Saluting while the ship sinks: The necessity for tourism paradigm change. Journal of Sustainable Tourism, 26(1), 29-48

Hall, C. M. (2016). Intervening in academic interventions: Framing social marketing’s potential for successful sustainable tourism behavioural change. Journal of Sustainable Tourism, 24(3), 350–375.

Kaur, G. (2017). The importance of digital marketing in the tourism industry. International Journal of Research-Granthaalayah, 5(6), 72-77)

Zulfikar, Alif Ryan & Mikhriani (2017), Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Trust pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta, Jurnal AlIdarah, Vol. 1, No. 2, Juli – Desember 2017, 279-2

Mola, M.S.R. & Witarti, D.I, (2020). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Pengembangan Pariwisata Ende Studi Kasus: Festival Danau Kelimutu, COMMUNICATION, VOL. 11 NO.1 APRIL 2020. 1- 13, DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v11i 1 p-ISSN 2086 - 5708 e-ISSN 2442 – 7535

Muttaqin, T., Purwanto, R. H., & Rufiqo, S. N. (2011). Kajian Potensi dan Strategi Pengembangan Ekowisata Di Cagar Alam Pulau Sempu Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jurnal GAMMA.

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju Banks. (2012). Multicultural educatin: Goals and dimensions. Diakses dari http://education.washington.edu/cme/view. htm).

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi

Dwyer, J. (2003). Business Communication Handbook 6th Edition (6th Editio). Pearson Education.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Belch, George E, M. A. B. (2007). Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communication Prospective (G. E. & M. A. B. Belch (ed.); 7th Editio). MC Graw Hill International Edition

Vellas, F. dan L. B. (2008). Pemasaran Pariwisata Internasional. (F. dan L. B. Vellas (ed.)). Yayasan Obor Indonesia.

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata

pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81.

https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649

Hilman, Yusuf Adam. (2018). TrategiPengembangan Pariwisata Melalui Media.Jurnal Nasional Pariwisata, Volume 10,Nomor 1, April 2018. hal.41

Kreatif, D. E. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1–9.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2020). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradekdi masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1),76–83

Abdullah, M. (2016). Manajemen Komunikasi Periklanan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Burhan, Bungin. (2015). Komunikasi Pariwisata Tourism Communication Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: KENCANA.

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Syam, Nina W., 2010. Komunikasi Pariwisata di Indonesia. Bandung:

Shrivastava, A., & Dawle, A. (2020). An Overview Of Marketing Communication Strategy: A Descriptive Study. International Journal of Current Research, 12(10), 14502–14504. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24941/ijcr.39 886.10.2020

Tapsell, R., & Jurriëns, E. (2017). Digital Indonesia : Connectivity and Divergence. SEAS-Yusof Ishak Institute

Terina, N. A., Prabawa, T. S., & Manuputty, A. D. (2012). Perancangan Sistem E-Tourism Berbasis Web sebagai Media Pemasaran Pariwisata Kota Jepara. Universitas Kristen Satya Wacana

Fandeli, Chafid. 1995. Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta, Penerbit Liberty.

Alqurneh, M., Isa, F. and Othman, A. R. (2002) ‘Tourism Destination Image , Satisfaction and Loyalty : A Study of the Dead Sea in Jordanian curative tourism’, pp. 1–10.

Nasrullah,ddk,2020, Pemasaran Pariwisata: Konsep, Perencanaan & Implementasi




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v8i2.4289

Article Metrics

Abstract views : 368 times | PDF - 314 times

Refbacks



Alamat Penyunting & Distribusi:

MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan  Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

      

Member of:

 

Creative Commons License
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 POSTOTO787 EMAS787 EMAS787 SUNDA787 SUNDA787/ ASIABET777 ASIABET777

situs toto