ANALISIS KONTEN PADA POSTINGAN INFLUENCER MARSHANDA
Abstract
Penelitian ini menganalisis data konten Instagram @Marshanda99 periode 1 Oktober 4 Desember 2024 untuk memahami strategi konten yang efektif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap berbagai variabel, termasuk bentuk postingan (Video Reels vs. Feed Foto), waktu posting, jenis konten (Promo Film, Endorsement, Photoshoot, Edukasi, Liburan), tujuan komunikasi (Instruktif, Persuatif, Informatif), dan jumlah like, tayangan, komentar, dan kolaborasi. Hasil menunjukkan bahwa Video Reels memperoleh jumlah like terbanyak (111.367) dibandingkan Feed Foto (80.375), mengindikasikan preferensi audiens terhadap format video yang lebih panjang dan ekspresif. Postingan sore hari memiliki tayangan tertinggi (1.358.593), menunjukkan aktivitas audiens yang tinggi pada waktu tersebut. Konten Promo Film paling banyak disukai (142.684), diikuti oleh Endorsement dan Photoshoot. Postingan dengan tujuan komunikasi Instruktif mendapatkan jumlah komentar terbanyak (977), sementara Feed Foto memiliki jumlah komentar keseluruhan tertinggi (1000). Semua jenis tujuan komunikasi memiliki 2 kolaborator. Feed Foto memiliki jumlah tayangan tertinggi (1.186.806). Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi Marshanda dan influencer lainnya dalam mengoptimalkan strategi konten Instagram, dengan menekankan pentingnya format video, waktu posting yang tepat, dan jenis konten yang relevan dengan audiens. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi faktor-faktor kualitatif yang memengaruhi keterlibatan audiens.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Argyris, Y., Wang, Z., Kim, Y., & Yin, Z. (2020). The effects of visual congruence on increasing consumers' brand engagement: An empirical investigation of influencer marketing on instagram using deep-learning algorithms for automatic image classification. Comput. Hum. Behav., 112, 106443. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106443.
Christanti, M., & Cahyani, I. (2022). Instagram: Konstruksi identitas budaya virtual melalui unggahan foto para influencer indonesia. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.9620.2022.
Gumelar, E., & M.Si,D. (2023). Implementasi Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Online Engangement Instagram @Temanbakat. Bandung Conference Series: Public Relations. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.9204.
Gunadi, A., & Mawardi, V. (2023). ANALISIS INSTAGRAM UMKM ARTREE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SOSIAL MEDIA. Jurnal Serina Abdimas. https://doi.org/10.24912/jsa.v1i1.23876.
Islahwati, N., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh Digital Influencers Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Online Engagement (studi Kasus Pada Akun Instagram @myrubylicious, 2020). 6.
Kusuma, A., Octavia, J., & Kevin, K. (2020). Anteseden dari brand resonance serta dampaknya pada repurchase intention dan intention to share (studi pada smartphone Samsung dengan aplikasi TikTok).
Lathifah, N., Siregar, F., & Risqiani, R. (2023). pengaruh pemasaran media sosial instagram terhadap customer brand engagement dan brand loyalty. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. https://doi.org/10.25134/equi.v20i02.7454.
Maria, I., Wijaya, V., & Keni, K. (2021). pengaruh information quality dan service quality terhadap perceived value dan konsekuensinya terhadap customer engagement behavior intention (studi pada social commerce instagram). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis. https://doi.org/10.24912/JMIEB.V5I2.12276.
Octaviani, F., & Selamat, F. (2023). pengaruh kredibilitas influencer terhadap intensi pembelian produk fashion melalui kepercayaan merek pada pengguna instagram di jakarta. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis. https://doi.org/10.24912/jmieb.v7i2.23151.
Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). pengaruh desain post instagram terhadap minat pembelian produk umkm kedai kopi di kabupaten sleman. Andharupa, 7, 187-199. https://doi.org/10.33633/ANDHARUPA.V7I01.4139.
Pratama, K. (2023). gaya komunikasi non verbal dalam endorsement pada akun instagram fadil jaidi. Prosiding Konferensi Nasional Sosial dan Politik (KONASPOL). https://doi.org/10.32897/konaspol.2023.1.0.2370.
Ramadhan, R. (2019). Strategi Konten Nivea Men Di Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Customer Engagement (Studi Kasus Brand NIVEA MEN di Media Sosial Instagram) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
Salsabila, N., & Hapsari, R. (2024). Perbandingan Konten Edukatif dan Humor Terhadap Customer Engagement Dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.1.09.
Saudah, S., Mariani, A., & Amalia, P. (2022). Digital Storytelling Home of Humans di Instagram. Jurnal Komunikasi Global. https://doi.org/10.24815/jkg.v11i1.25044.
Setya, A., & Boer, K. (2024). Penggunaan Media Instagram Kopi Janji Jiwa Samarinda dalam Meningkatkan Customer Engagement. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i1.452.
Tandra, H., & Adim, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram @beautebox_id sebagai Media Promosi Kosmetik. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA. https://doi.org/10.38041/jikom1.v15i02.267.
Tauhidah, N., & Abiyyah, A. (2024). Strategi Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Instagram: Analisis Komparatif Akun Edukasi. Ukazh: Journal of Arabic Studies. https://doi.org/10.37274/ukazh.v5i3.1104.
Waraningtyas, S., Sugiana, D., & Setiawan, W. (2022). Pemanfaatan Media Instagram sebagai Alat Diseminasi Informasi Kegiatan Ekonomi Kreatif di Kota Palembang. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v6i2.13536.
Wijaya, G., & Erdiansyah, R. (2023). Tipe Konten dan Korelasinya Pada Engagement Instagram. Prologia. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21384.
Witri, A., & Pratiwi, M. (2019). etnografi virtual pada laman pengguna instagram stories (ig stories) sebagai bentuk komunikasi interpersonal. Jurnal Audience. https://doi.org/10.33633/JA.V2I2.2710.
Yeremia, M., Dharta, F., & Ramdhani, M. (2024). Pengaruh Konten Instagram terhadap Minat Menonton: Studi Kasus Film 'Mencuri Raden Saleh'. JKOMDIS: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i2.1853.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.