IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL DI INDONESIA
Abstract
Branding merupakan aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pemilik produk (barang atau jasa) dalam rangka memperkenalkan, membangun dan mempertahankan eksistensi produknya di tengah masyarakat. Kehadiran media baru (new media) seperti media sosial ternyata juga berdampak pada perkembangan strategi branding. Tidak terbatas pada perusahaan saja, strategi branding melalui media sosial ini juga dimanfaatkan oleh organisasi atau lembaga pemerintah maupun swasta non profit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi serta dampak strategi branding yang diterapkan oleh sejumlah perusahaan/organisasi/lembaga pemerintah dan swasta khususnya di Indonesia dengan memanfaatkan media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dalam menganalisis sumber rujukan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari sejumlah perusahaan/organisasi/lembaga di Indonesia yang menerapkan strategi digital branding melalui media sosial terbukti merasakan dampak positif berupa peningkatan keputusan masyarakat dalam membeli dan menggunakan produk (barang atau jasa) yang ditawarkan. Adapun jenis media sosial yang mayoritas digunakan oleh pemilik produk ialah Facebook, Instagram, dan Youtube.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardana, R. A. H., Rafidah, R., & Erliyana, N. (2023). Digital Branding sebagai Optimalisasi Peningkatan Inovasi, Daya Saing, Pendapatan UKM di Era New Normal. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 6(2), 125–137. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i2.1673.
Arifah, F. N. (2015). Analisis Sosial Media sebagai Strategi Marketing dalam Bisnis Online. Transformasi: Informasi dan Pengembangan IPTEK, 11(2), 143–149.
Dewi, M. S. R. (2024). Analisis Digital Branding pada Akun Media Sosial Instagram @umbulbrondong Klaten. Jurnal Kajian Pariwisata, 6(2), 142–154. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/1871/963.
Diawati, P. (2025). Strategi Digital Branding Ragambentala. Competitive, 19(2), 94–101. https://doi.org/10.36618/competitive.v19i2.4118.
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213–222. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i2.1042.
Ferbita, L. V., Setianti, Y., & Dida, S. (2020). Strategi Digital Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Melalui Media Sosial. Journal Acta Diurna, 16(2). https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.12.2.2865.
Gantiano, H. E. (2019). Fenomena Facebook Sebagai Sarana Komunikasi Sosial. Dharma Duta, 15(1). https://doi.org/10.33363/dd.v15i1.163.
Hidayanto, S., & Kartosapoetro, I. S. (2020). Strategi Digital Branding pada Startup Social Crowdfunding (Studi Kasus pada Kitabisa.com). Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 9(1), 19–33.
Juju, D., & Sulianta, F. (2010). Branding Promotion with Social Networks. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Terjemahan: Bob Sabran (13 ed.). Erlangga: Jakarta.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), 187–196.
Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2020). School Branding: Strategi di Era Disruptif. Bumi Aksara: Jakarta.
Nur, S. W., Hermawan, H., & Winahyu, P. (2023). Pengaruh Media Sosial Sebagai Digital Marketing Terhadap Penguatan Brand Awareness pada UMKM Salad Alvi. Growth, 21(1), 112. https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i1.2817.
Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. UB Press: Malang.
Rohmah, N. N. (2024). Lansia Menyikapi Misinformasi. Journal of Islamic Communication Studies, 2(1), 20–32. https://doi.org/10.15642/jicos.2024.2.1.20-32.
Saleh, A & Setianti, Y. (2023). Strategi Digital Branding dalam Konten Facebook Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 128–147. https://doi.org/10.21009/communicology.031.09.
Setiawan, D. (2023). Digital Branding Mastery: Merek Anda di Zaman Interkoneksi. CV. Garuda Mas Sejahtera: Surabaya.
Wulandari, W. A., & Rayungsari, M. (2024). Studi Literatur: Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Peluang. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.896.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.