PELATIHAN REBRANDING PRODUK UNTUK PERLUASAN PASAR PADA SENTRA KERAJINAN SANGKAR BURUNG DESA DAWUHANMANGLI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Merek pada UMKM terdiri dari sekumpulan faktor, termasuk kemampuan pemasaran serta diferensiasi pasar, kesadaran merek, relevansi, budaya, asosiasi, dan ekuitas. Melihat rebranding sebagai solusi untuk perubahan manajemen baru atau masalah internal. Rebranding membutuhkan waktu dan tenaga, sehingga perubahan akan terjadi. Rebranding dilakukan bagi UMKM untuk merangsang pertumbuhan, memperluas, meningkatkan laba, memperkuat tenaga kerjanya, dan mendapatkan keunggulan kompetitif. Pelatihan Rebranding ini dilakuan dengan metode pelatihan, dikarenakan pandemi, maka pelaksana kegiatan mendatangi pengrajin untuk menghindari kerumuman. Pelatihan rebranding membuka wawasan para pengrajin tentang manfaat mengelola sebua brand sebuah produk. Hasil pelatihan rebranding pengrajin sangkar burung Desa Dawuhanmangli mendapatkan pemahaman tentang branding. Dampak pelatihan ini pengrajin mulai mencoba membuka diri untuk mengenalkan produknya secara langsung kepada konsumen tanpa makelar seperti sebelumnya. Sentra kerajinan Sangkar Burung di Desa Dawuhanmangli, wilayah utara pusat Kota Jember sudah dikenal luas di Indonesia. Lokasi yang berjarak 24 km dari Kota Jember. Sangkar Burung Desa Dawuhanmangli menjadi alasan dijadikan tempat pengabdian karena memiliki keunggulan dan ciri khas yang berpeluang untuk membuka pasar baru bagi produk unggulan daerah tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abimbola, T. (2001). Branding as a competitive strategy for demand management in SMEs. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship.
Daly, Aidan, Moloney, Deirdre (2004). Managing Corporate Rebranding, Irish Marketing Re-view, Vol.17, No.1&2.
Faktualnews.co (2019). BI Jember Sebut, UMKM Miliki Potensi Be-sar di Sektor Usaha Berkem-bang. https://faktualnews.co/2019/03/25/bi-jember-sebut-umkm-miliki-potensi-besar-di-sektor-usaha-berkembang/130813/ (diakses 10 Oktober 2021)
Kaikati, Jack G., Kaikati, Andrew M. (2003). ⎯ A Rose by Any Other Name: Rebranding Campaigns that Work, Journal of Business Strategy, Vol.24, No.6
Kotler, P (2003). Marketing insights from A to Z: 80 Concepts Every Manager Needs to Know, John Wiley & Sons Inc., New Jersey.
Odoom, R., Narteh, B., & Boateng, R. (2017). Branding in small-and medium-sized enterprises (SMEs): Current issues and re-search avenues. Qualitative Mar-ket Research: An International Journal.
Raden, A. Z. M., Listya, A., & Maya, S. (2018). Branding SMEs as Competitiveness in the Era of ASEAN Economic Community. KnE Social Sciences, 1013-1019.
Rokhim, R., Mayasari, I., & Wulandari, P. (2021, March). Is brand management critical to SMEs’ product sustainability? Qualitative analysis in the con-text of Indonesia small enter-prise environment. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 716, No. 1, p. 012109). IOP Publishing.
Trost, A. (Ed.). (2009). Employer branding. Luchterhand in Wolters Kluwer Deutschland.
Van Ham, P. (2008). Place branding: The state of the art. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 616(1), 126-149.
Wahyuni, S., Widodo, J., Zulianto, M., & Islami, N. N. (2020, May). The analysis of e-commerce utilization in Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) at Jember. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 485, No. 1, p. 012037). IOP Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2773
Article Metrics
Abstract views : 163 times | PDF - 250 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.