PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM SURAT DINAS PEGAWAI TATA USAHA SMP/MTs

Auzar Auzar, Hasnah Faizah, Mangatur Sinaga, Charlina Charlina, Zulhafizh Zulhafizh

Abstract


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga administrasi SMP/MTs dalam membuat surat dinas yang baik dan benar. Sebelum pelatihan, para peserta diuji kemampuan awal (pretest) tentang penggunaan bahasa dalam surat dinas. Selanjutnya mereka dilatih tentang aturan penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam surat dinas. Setelah mengikuti pelatihan, peserta diuji kembali kemampuan akhir (post test). Dengan demikian, daya serap kemampuan berbahasa Indonesia menjadi baik dan benar. Hasil pretest menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan dan pemahaman peserta adalah 59,75% dalam kategori rendah. Jika dirinci, 60% berada pada kategori rendah dan 40% berada pada kategori tinggi. Secara umum, kesalahan yang paling sering ditemukan adalah pada awal atau pembukaan surat dan secara teknis terkait dengan aturan ejaan dan tanda baca. Selanjutnya, hasil post test menunjukkan rata-rata 94%. Pencapaian ini membuktikan bahwa ada kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman dan pengetahuan praktis dalam menulis surat dinas, baik dari aspek struktural maupun sistematik maupun penggunaan bahasa. Jika dibandingkan dengan hasil pretest 59,75% dan post test 94% terjadi pergeseran sebesar 34,25% setelah mendapat pelatihan. Data ini berarti bahwa kegiatan pelatihan memiliki dampak positif.

Keywords


Bahasa Indonesia, Surat Dinas, Pegawai Tata Usaha

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Hasibuan, N. S. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Media Luar Ruang di Wilayah Kota Medan. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 14-37.

Ahyana, A. (2020). Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII B SMP Negeri 12 Palu. Bahasa dan Sastra, 5(3), 1-12.

Anto, A. G., Mustafidah, H., & Suyadi, A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW. JUITA: Jurnal Informatika, 3(4), 193-200.

Damayanti, R., Harjanti, F. D., Kaswadi, K., Sueb, S., & Pranoto, A. (2020). Pelatihan Penulisan Surat Dinas Pada Perangkat Desa Kampung Wisata Taman Yogyakarta. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 65-69.

Desiani, A., Yahdin, S., Maiyanti, S. I., Putri, D. L. D., Wibowo, I. T., Djohar, M. A., & Irsyad, M. S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Perkantoran untuk Pengelolaan Administrasi Desa Penyandingan Ogan Ilir. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 699-705.

Faisah, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Surat-Menyurat di Kantor Kelurahan Layana Indah. Bahasa dan Sastra, 3(2), 1-8.

Gunawan, H. I., & Retnawati, S. (2017). Analisis Kesalahan Ejaan pada Makalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 2(2), 1-7.

Gustiasari, D. R. (2018). Pengaruh Perkembangan Zaman terhadap Pergeseran Tata Bahasa Indonesia; Studi Kasus pada Pengguna Instagram Tahun 2018. Jurnal Renaissance, 3(2), 433-442.

Hakim, L., Shubhi, M., & Hamid, S. A. (2017). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Surat Kabar di Kabupaten Sumbawa. Mabasan, 11(2), 107-118.

Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. (2017). Ketidaktaatan Penggunaan Aturan Ejaan dan Tanda Baca dalam Skripsi Mahasiswa Universitas Riau. GERAM, 5(2), 45-52.

Ihsani, B. Y., Untari, T., & Darmutika, L. A. (2018). Pelatihan Penulisan Surat Dinas Pada Perangkat Kantor Desa Jatisela Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat. JCES (Journal of Character Education Society), 1(1), 23-29.

Jamilah, J. (2017). Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 41-51.

Julianus, J., Simanjuntak, H., & Seli, S. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan, Diksi, dan Kalimat Efektif dalam Penulisan Surat Dinas di Kantor Desa Kiung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 1-8

Karyaningsih, P. D. (2018). Korespondensi Surat Bisnis dan Dinas. Yogyakarta: Samudra Biru.

Kurniaman, O., Huda, M. N., & Noviana, E. (2017). Kemampuan Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau dalam Menulis Surat Resmi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 15-23.

Rahayu, E. (2018). Analisis Surat Dinas yang Ditulis Siswa Kelas XI SMK PAB 3 Medan Estate. Basastra, 7(1), 77-87.

Rukmana, W., & Hardjono, N. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh. International Journal of Elementary Education, 2(3), 156-164.

Soedjito & Solchan, T. W. (2004). Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparta, M. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan pada Surat Dinas Kantor Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Wacana: Majalah Ilmiah tentang Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 19(2), 1-11.

Zulhafizh. (2018). Bahasa Indonesia: Konsep dan Penerapan. Bandung: Mujahid Press.


Article Metrics

Abstract views : 311 times | PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter