PENDAMPINGAN INOVASI MODEL BISNIS DAN PERANCANGAN KONTEN PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM KENARI BAKE HOUSE YOGYAKARTA

Kristia Kristia

Abstract


Untuk dapat unggul dalam persaingan bisnis pada industri kuliner, pengelola UMKM perlu melakukan inovasi yang berkelanjutan baik dan tidak hanya sibuk dengan aspek operasional usahanya. Salah satu instrumen analisis manajemen yang dapat membantu pelaku usaha dalam merancang rencana strategis adalah dengan menggunakan Kanvas Model Bisnis. Terintegrasi dengan mata kuliah manajemen bisnis kecil, mahasiswa yang disupervisi oleh dosen Universitas Sanata Dharma melakukan aksi nyata untuk berkontribusi bagi pengembangan manajemen UMKM di Yogyakarta, yaitu Kenari Bake House. Pengambilan data untuk melakukan analisis kesembilan blok bangunan pada Kanvas Model Bisnis dilakukan dengan observasi, dan wawancara terhadap pengelola Kenari Bake House. Dalam merancang konten pemasaran digital, hal terpenting yang perlu digali adalah mengenai aspek atribut produk yang membuat konsumen tertarik maka untuk mengetahui hal tersebut pengabdi juga melakukan wawancara dan menyebarkan kuisioner terhadap 35 responden penikmat jajanan pasar yang berada di sekitar lokasi usaha. Luaran dari kegiatan ini adalah adanya inovasi model bisnis yang pengabdi sarankan kepada pengelola UMKM dan adanya konten pemasaran digital yang diunggah pada media social untuk meningkatkan citra merek dari Kenari Bake House.


Keywords


inovasi model bisnis, kanvas model bisnis, pemasaran digital, usaha kecil

Full Text:

PDF

References


Anwar, M. (2018). Business model innovation and SMEs performance-Does competitive advantage mediate? International Journal of Innovation Management, 22(7). https://doi.org/10.1142/S1363919618500573

Berger, J., & Milkman, K. L. (2012). What makes online content viral? Strategic Direction, 28(8), 90–91. https://doi.org/10.1108/sd.2012.05628haa.014

Bressler, M. S. (2012). How small businesses master the art of competition through superior competitive advantage. Journal of Management & Marketing Research, 11, 1–12. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=83536045〈=pt-br&site=ehost-live

Ibarra, D., Bigdeli, A. Z., Igartua, J. I., & Ganzarain, J. (2020). Business model innovation in established SMEs: A configurational approach. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(3). https://doi.org/10.3390/JOITMC6030076

Lindgren, P. (2012). Business Model Innovation Leadership: How Do SME’s Strategically Lead Business Model Innovation? International Journal of Business and Management, 7(14), 53–66. https://doi.org/10.5539/ijbm.v7n14p53

Najib, M., Sumarwan, U., Septiani, S., Waibel, H., Suhartanto, D., & Fahma, F. (2021). Individual and Socio-Cultural Factors as Driving Forces of the Purchase Intention for Organic Food by Middle Class Consumers in Indonesia. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 0(0), 1–22. https://doi.org/10.1080/08974438.2021.1900015

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Smith, A., & Movement, T. (2016). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers.

Pressgrove, G., Mckeever, B. W., & Jang, S. M. (2018). What is Contagious? Exploring why content goes viral on Twitter: A case study of the ALS Ice Bucket Challenge. International Journal of Nonprofit and Voluntary Sector Marketing, 23(1), 1–8. https://doi.org/10.1002/nvsm.1586

Roggeveen, A. L., Nordfält, J., & Grewal, D. (2016). Do Digital Displays Enhance Sales? Role of Retail Format and Message Content. Journal of Retailing, 92(1), 122–131. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2015.08.001

Romadhoni, R. A., Siallagan, M., & Mayangsari, L. (2019). Virality in Social Media Advertising: A Case Study in Bandung Tourism. The Asian Journal of Technology Management (AJTM), 12(3), 204–211. https://doi.org/10.12695/ajtm.2019.12.3.4

Suryani, W., & Claudya, M. (2020). Competitive advantage: Empirical evidence from the small business of culinary. Jurnal Inovasi Ekonomi, 6(01), 1–8. https://doi.org/10.22219/jiko.v0i0.13483

Verma, R., & Bashir, M. (2017). Why Business Model Innovation is the New Competitive Advantage. IUP Journal of Business Strategy, 14(1), 7. https://www.researchgate.net/publication/316644311




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2927

Article Metrics

Abstract views : 264 times | PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter